VRuneterawg: Menjelajahi Runeterra
Setelah mengubah tampilan klien League of Legends, langkah selanjutnya dalam perubahan besar kami adalah memperbaharui cara penyampaian cerita di League agar menjadi lebih dalam dan mendebarkan. Yuk baca penjelasan selengkapnya dari Tommy Gnox, salah satu Rioters yang mengurus segi narasi dari League of Legends.
Pertama-tama, aku hanyalah salah satu dari banyak orang yang berpartisipasi dalam penulisan cerita di Riot dan apa yang akan kalian baca di bawah terinspirasi dari pengalaman seru yang terkumpul dari tim kami. League of Legends telah mencakup banyak hal hingga saat ini. Meskipun secara umum League tetap berfokus pada Gameplay sebagai intinya, mungkin kalian akan terkejut jika tahu berapa jumlah Rioters yang terlibat hanya untuk membuat bagian narasi. Inilah mengapa kami ingin berbagi cerita kepada kalian tentang bagaimana keadaan kisah League saat ini dan juga berbagai hal yang telah kalian lihat (dan yang akan kalian lihat) untuk menceritakan kisah di League of Legends.
Kisah Yang Terus Berlanjut

Perkembangan adalah salah satu bagian utama dari League of Legends. Champion, event, skin, splash art, hingga map adalah beberapa bagian yang terus kami kembangkan agar kualitas game ini semakin meningkat. Kami ingin agar League selalu terasa fresh melalui pembaharuan desain, penyesuaian tampilan, dan juga tema tiap karakter.
Itu artinya kami harus bersedia untuk mengevaluasi kembali pekerjaan yang telah selesai di masa lalu. Dalam beberapa kasus (misalnya Champion Update), konsep originalnya kami rasa sudah cukup baik (bahkan sangat menakjubkan) dan yang perlu kami lakukan hanyalah memolesnya sedikit agar kembali terasa baru. Dalam kasus lainnya, sayangnya, saat kami lihat kembali keputusan yang dahulu cukup masuk akal, sekarang menjadi tidak sesuai dengan filosofi desain dan membatasi kemampuan kami untuk mengembangkan League of Legends. Hal tersebut tidak bisa dibiarkan dan kami harus segera mencari cara untuk mendesainnya kembali agar potensinya bisa dimaksimalkan.
Sebagai pengembang, kami sangat mudah untuk dibuat senang dengan pengembangan baru. Tetapi kalian, sebagai pengguna yang tidak terlibat dalam pengembangannya, tidak selalu tahu apa saja yang dilakukan untuk membuat fitur tersebut, ataupun kenapa suatu fitur dibuat. Lama-lama kami pun sadar betapa pentingnya untuk menyampaikan dengan benar semua perubahan yang kami lakukan, agar kalian mengerti kenapa kami melakukannya dan apa manfaat yang bisa didapat. Untuk itu, pertama-tama kita membutuhkan latar belakang.
Tentang Latar Belakang Cerita

Saat League of Legends baru pertama kali dibuat, kami mengarang cerita yang menjelaskan bagaimana pemain dapat mengendalikan para Champion dalam pertandingan. Kami membuat konsep Summoner, Field of Justice, Institute of War, dan tentu saja League of Legends itu sendiri. Semua itu untuk memberi gambaran tentang apa yang terjadi di League.
Lama kelamaan, hal tersebut malah menimbulkan masalah yang tidak diperkirakan. Setiap Champion baru membutuhkan alasan untuk bergabung dan bertempur di League. Saat jumlah mereka semakin banyak, lama-lama dunia ini menjadi terasa sempit dan kurang menarik. Konsep awal yang kami buat malah membuat kreatifitas menjadi stagnan, membatasi potensi setiap Champion, negara, dan Runeterra itu sendiri untuk berubah dan berkembang. Selain itu, konsep tentang Summoner membuat para Champion tidak lebih dari sekumpulan boneka yang dikendalikan dengan kekuatan dewa. Intinya, latar belakang yang tadinya kami buat untuk menjelaskan pertempuran dalam permainan malah membatasi pengembangan narasi dari para karakter.
Dihadapkan dengan tantangan seperti itu, kami pun mengurangi elemen narasi yang terlalu terikat erat dengan versi yang lama (seperti Journals of Justice, Judgements, dll), karena mereka membatasi harapan kami untuk mengembangkan dunia yang luas dan bervariasi. Sebagai gantinya, kami mulai menggunakan metode lain untuk mencakup keseluruhan aspek di League, seperti event Freljord dan latar belakang baru dari para Champion.
Selain itu, saran dari kalian untuk meningkatkan aspek cerita juga semakin mendorong kami untuk melakukan perubahan dan menyajikan kisah yang lebih seru dari Runeterra dan semua yang tinggal di dalamnya. Banyak dari kalian yang sudah menyampaikan hal ini melalui beragam cara, masing-masing dengan antusiasmenya sendiri, ide baru, dan juga bagian-bagian yang perlu diperhatikan. Kami sangat berterima kasih atas semua masukan yang telah kalian berikan dan kami berjanji akan semakin meningkatkan cara penyampaian narasi, tentu saja lengkap dengan penjelasan tentang hal-hal penting yang perlu kalian ketahui tentang cerita tersebut.
Bagaimana Keadaan Saat Ini

Saat ini, kami berencana untuk memaksimalkan batasan cerita di League agar tidak hanya terpaku dalam menjelaskan peristiwa di dalam game dan membuat jalan cerita baru dengan Runeterra sebagai fokus utamanya. Runeterra akan menjadi sebuah dunia di mana suku, ras, negara, dan Champion yang telah kita kenal memiliki kebebasan untuk hidup, beraktifitas, dan menjelajahi dunia tersebut. Dari interaksi tiap Champion, hingga latar belakang cerita, hingga event (dan juga yang lainnya), niat kami adalah memperluas cakupan cerita League dan membuat kisah yang lebih dinamis yang sanggup menampung seluruh Champion kami yang luar biasa.
Cerita memiliki potensi untuk mempengaruhi setiap elemen di League of Legends, jadi perubahan baru dari segi narasi tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru. Kebutuhan untuk melakukan perubahan akan muncul sedikit demi sedikit dan keputusan tersebut baru bisa diambil setelah melalui diskusi yang cukup sengit. Selain itu, kami ingin kalian tahu bahwa perubahan ini dilakukan untuk membuka peluang ke dunia yang lebih luas dan tidak hanya menghancurkan cerita yang lama untuk membuat sejarah League yang baru.
Lalu apa dampaknya?
Secara umum, ini artinya game dan cerita tidak benar-benar merupakan duplikat dari satu sama lain. League sebagai game adalah tentang bagaimana menciptakan game yang bagus. Sementara itu, League sebagai cerita adalah tentang menciptakan karakter beragam yang hidup dalam dunia yang terus berkembang. Kami tidak ingin membatasi cerita hanya karena mengejar gameplay dan begitu juga sebaliknya. Kami ingin agar keduanya (dan juga segala elemen di League) dapat berkembang dengan baik tanpa batasan apapun.
Apa ini berarti metode penyampaian cerita yang lama seperti Journal of Justice dan League Judgements itu sia-sia? Tentu tidak. Sama saja dengan bagaimana kita tetap merasa asyik saat membaca buku lama atau menonton film-film yang sudah dibuat versi barunya. Kisah asli dari League akan tetap bertahan dan menjadi bagian dari sejarah. Dari buku komik hingga literatur klasik, eksplorasi dari sebuah ruang kreatif yang sama dengan metode berbeda dari dulu merupakan hal yang alami dalam penyampaian cerita.
Runeterra adalah tempat yang sangat besar, dengan banyak ruang yang bisa dijelajahi oleh banyak orang menggunakan banyak cara, termasuk kalian para pemain.
Bagaimana Rencana Selanjutnya
Saat membicarakan tentang penulisan cerita, segala hal akan terus berlanjut sejak kisah itu dimulai. League secara keseluruhan juga terus berkembang selangkah demi selangkah. Kami akan terus mengeksplorasi Runeterra melalui berbagai cara, baik kecil maupun besar, dan kami harap kalian dapat terus menikmati kisahnya dan terus membagi ide kalian.
Seperti halnya seri Filosofi Desain yang ditulis oleh tim gameplay, kami juga akan kembali dengan Dev Blog selanjutnya yang akan menjelaskan tentang perkembangan terbaru dari narasi dan prinsip dasar pengembangan cerita di League. Salah satu prinsip yang akan kami jelaskan selanjutnya adalah bagaimana kami bisa memastikan identitas tiap Champion tetap konsisten di manapun kalian menemui mereka. Sebagai contoh, Darius harus tetap terasa sama entah dia sedang memegang kapak atau tidak dalam ceritanya, gamenya, ataupun cinematic. Mengeksplorasi sejarah dan motivasi para Champion dengan metode lain jangan sampai malah membuat mereka menjadi karakter yang berbeda. Seharusnya ini justru semakin memperdalam kepribadian mereka dan menunjukkan hubungan dari masing-masing karakter.
Kesimpulannya adalah League of Legends akan terus berkembang, dan untuk mengimbanginya, penyampaian narasinya juga harus ikut dikembangkan. Kami akan sangat senang untuk menjelaskan proses selanjutnya pada kalian dan akan sangat menghargai masukan yang kalian sampaikan. Apa lagi kisah yang perlu kami ceritakan? Bagian mana dari Runeterra yang ingin kalian lihat?
Kami sangat bersemangat untuk mengeksplorasi segala kemungkinan dan kami harap begitu juga dengan kalian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar